Laman

Kamis, 30 Agustus 2012

Sombong

Sombong.
Mungkin itu adalah sebuah kata yang agak kurang enak diucapkan kepada lawan bicara kita. Mereka yang mendengar pasti juga akan berpikiran buruk juga kepada kita. Seperti "ih.. orang ini iri kali ya sama aku"
Tapi sebenernya juga, saat mereka berpikiran seperti itu, mereka juga sebenernya sudah mempunyai niat 'sombong'
Mungkin ini secuil pengalaman yang aku dapatkan dari beberapa situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. disana, aku menemukan banyak sekali tulisan yang mengarah hal - hal yang gak baik. Kayak, menyindir orang dengan kata - kata yang gak pantas, memaki, bahkan mengatakan orang dengan menyebutkan nama terang terangan. dan hal yang pasti, perkataan itu gak patut buat dibaca atau diliat.
Sebenernya, berdasarkan riset kecil kecilan yang aku buat, mereka yang menulis hal hal seperti itu gak jauh beda sama diri / pribadinya sendiri. karena, mungkin saat mereka mengatakan hal itu juga, mereka gak nyadar kalo diri mereka itu juga berbuat seperti itu. Aku harap sih, mereka lebih sadar diri dan berkaca. introspeksi sama hal hal yang udah dilakuin. Gak cuman dari hal bicara aja. tapi juga dari sikap. Kemudian, bisa turun juga ke hati dan dirasain. Gimana rasanya kalo kamu dikatai orang seperti itu..
back to topic, sebenernya juga, orang yang sombong itu selalu jadi orang yang dikucilin. padahal sebenernya mereka bertingkah biasa biasa aja. Tapi mungkin karena ada suatu kejadian yang gak enak dan bikin malu, maka mereka berusaha menjauhkan diri dari dunia. Tapi apa kata, mereka malah menganggap bahwa org tersebut sombong. Karena gak mau diajak bergaul lah, kumpul lah dll...
Suatu ketika juga aku pernah mengalami hal seperti itu. Dan sejak itu, aku mulai nyadar bahwa semua keterkaitan antara masyarakat / orang - orang melalui cara pandang suatu hal itu beda banget. belum tentu hal yang baik di mata masyarakat bisa jadi baik juga di mata agama. dan begitupun sebaliknya...
Jadi, apapun yang kita lakukan, dan orang lain lakukan, jangan langsung dinilai dan dimasukkan dalam hati gitu aja. karena semua hal itu gak ada kata SALAH dan BENAR. tergantung kita melihat dari sisi yang mana. Dan niatan dari orang tersebut (read : niatan orang yang tau cuman Tuhan YME)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar