Laman

Sabtu, 28 September 2013

My Biggest Secret

Kali ini gue nggak lagi ngepost tentang semua hari gue. Ini entry gue yang (mungkin) paling special yang pernah gue buat. Karena ini memuat rahasia terbesar gue. Gue nggak tau musti cerita ke siapa lagi. Rasanya terlalu besar. Bahkan gue nggak mampu buat nyimpen sendiri.
Apa itu?
Okey, gue bakalan ceritain awalnya….
Waktu itu gue kelas 8 SMP. Kebetulan banget waktu itu pakdhe gue yang notabene adalah seorang Dokter, lagi wisuda S3 (keren banget ya?) di Unair (tambah keren lagi). Jadi, sekeluarga besar berangkat ke Surabaya semua. Dan termasuk gue. Kami berangkat pake 2 bis. Satu bis khusus anggota Rumah sakit dan satu bis buat keluarga. Kami semua nginep di mess Unair. Daaann gue sekamar sama nenek gue. Waktu itu gue udah rapih banget mau berangkat ke tempat wisudanya pakdhe. Gue masuk kamar buat ambil tas. Dan terjadilah percakapan itu…
Gue terjebak diantara orang yang lagi ngomongin tentang kakak gue.
What? Kakak??
Iya, gue kaget banget pas denger kalimat kalimat yang mengalir itu dari nenek gue sama budhe gue.
Predikat gue sebagai anak tunggal akhirnya luruh juga.
Gue bukan anak tunggal.
Gue punya kakak.
Yang ternyata dia bukan kakak kandung gue.
Tapi kakak tiri
Jadi siapa dia?
Gue pun langsung flashback ke masa kecil gue…
Waktu itu sekitar 13 tahun yang lalu… Gue lagi lari - lari ngejar seorang anak laki - laki yang lebih tua dari gue. Muter - muter rumahnya nenek buyut gue. Sampe sampe kami ditegur sama nenek gue yang lain (adiknya nenek) supaya nggak main kejar - kejaran.
Daaann… brak! Anak laki - laki itu jatuh waktu lagi gue kejar. Gue lupa dia itu nabrak apaan. Yang jelas, bibirnya itu berdarah. Lumayan banyak lah. Gue jadi ngerasa bersalah banget sama laki - laki itu. eehhh nggak taunya malah tu anak cengengesan aja liat tampang gue yang panic - ngerasa bersalah gitu.
Gue nggak tau kalo itu adalah pertemuan terakhir gue dengan dia
Nggak tau kenapa, dulu, tiap kali gue ke Solo (ke rumah nenek dari Mama gue), gue selalu diajak ke rumah nenek buyut. Dan gue sering ketemu sama anak laki - laki itu. gue lupa namanya siapa. Terus dulu itu gue nganggepnya sebagai anak dari salah satu anak dari adiknya nenek. Jadi, lebaran selanjutnya, gue selalu nyari anak laki - laki itu. kadang ketemu, terus akrab lagi. Kadang enggak (tapi lebih banyak enggaknya sih) semenjak gue SD. Gue selalu kecewa tiap nggak ngeliat dia. Dan, karena saking lamanya gak pernah ketemu, gue lupa sama wajah tu anak.
Dan gue nggak nyangka banget kalo ternyata dia itu kakak gue.
Ya ampuunn!!
Setelah gue telusuri, dan selidiki, kayaknya dia itu kakak dari mama gue. Tapi bukan dari ayah gue.
Nah lho? gue nggak tau pastinya. Pokoknya darah mama gue mengalir di dalam tubuhnya. Dan semenjak kelas 6, ayah gue selalu murka tiap kali ketemu sama anak laki - laki itu. yaa soalnya dia ke rumah nenek sama ayahnya - yang menurut penyelidikan gue adalah seorang polisi. Dan waktu kelas 7, gue ketemu lagi sama tu anak. Umurnya sekitar 3 tahun lebih tua dari gue. Dia kerumahnya nenek bareng sama bapaknya, ibu tirinya, dan kedua adik tirinya yang cewek semua. Kebetulan waktu itu ortu gue lagi ke Purwodadi buat nganterin tante gue yang mau pulkam. Gue nggak ikut. Karena mobil nggak bakalan muat kalo dijejelin gue. Akhirnya tinggallah gue dirumah nenek. Akhirnya karena bosen, gue akhirnya ketiduran. Dan tiba - tiba nenek bangunin gue. Bilangnya sih ada tamu "special gitu".
Nggak cuman nenek aja sih yang bilang. Tapi budhe gue yang pertama juga bilang gitu. Tanpa babibu, gue langsung turun dari tempat tidur. Nggak peduli rambut dan baju yang gue pake itu apaan, gue langsung nemuin aja tu tamu.
Gue liat siapa tamunya.
Gue bener - bener nggak kenal sama mereka! Apanya yang special coba? Gue kan nggak kenal! Special itu ya kalo gue ketemu sama orang yang bisa bikin gue seneng dan tertawa. Eh lah ini? kenal aja enggak kok. Gue sih cuek cuek aja waktu itu. karena waktu itu gue nggak tau kalo ternyata dia itu kakak gue. Dan pas kelas 8, gue lagi ngerti kenyataannya…. Dan, soal gue bukan anak tunggal, sebenernya gue udah pernah ngalamin kejadian aneh waktu SD. Gue lupa kelas berapa. Yang jelas, 2 orang yang beda nanyain gini ke gue "kamu anak kedua kan?" Gue kaget aja waktu denger pernyataan itu. langsung aja gue balas "Enggak kok, saya anak pertama" "Oh punya kakak laki - laki atau perempuan? Atau adik mungkin?"
"Enggak, saya anak tunggal" jawab gue mulai curiga. Jadi gue tambahin "Ada apa pak?" "karena wajah kamu kayak anak kedua" jawab bapak itu. dan percakapan berakhir. Gue nanggepinnya biasa aja sih. Tapi lama kelamaan ganggu juga di otak. Karena beberapa tahun lalu, temen gue ada juga yang nebak gitu. Pake pertanyaan yang sama. Dan temen gue itu heran banget sama gue. Karena tebakannya salah. Mungkin karena dia nggak pernah salah, jadi dia agak gimana gitu sama gue. Gue nggak nyangka aja deh. Emang bisa ya, hanya dengan mengetahui wajah aja, kita jadi bisa tahu dia itu anak keberapa. Oke, itu semua data yang udah gue kumpulin. Itu nyata men! **** Dan balik ke lebaran tahun 2013 bulan Agustus kemaren. Tepat pada tanggal 8 Agustus kemaren, gue seneng banget. Karena lebaran plus ulang tahun gue yang 17 tahun.
Ya ampun meenn! Sweet seventeen di Idul Fitri! Keceh badai nggak tuh? Unforgettable moment sepanjang hidup gue deh. Jadi gue niatnya mau nraktir dan ngrayain itu sambil makan - makan gitu. Jadi berangkatnlah gue bersama tante dan om gue ke Grand Mall. Tepatnya foodcourt lantai 4. Tapi pas gue mau berangkat, gue disuruh salaman dulu sama tamu yang ada di ruang tamu rumah nenenk gue. Awalnya gue males banget. Karena udah mau berangkat dan udah pake sepatu sandal yang bikin males kalo dicopot. Tapi nggak enak juga kalo nggak salaman sama tamu itu.. Akhirnya gue masuk lewat pintu depan dan salaman sama tamu itu. seorang bapak bapak yang kumisan sama anak laki - laki yang kuliahan. Gue salamnnya terburu - buru banget. Tanpa ngeliatin dengan seksama siapa orang - orang itu. Pas salaman sama bapak bapak itu, gue ditanyain "Lho mau kemana? Kok rapi?"
"Iya, soalnya mau pergi"
"pergi kemana?"
Gue bingung musti jawab apaan. Masak gue jawab kalo mau ke Grand Mall?
Kesannya kayak anak apaa gitu deh. Anak mall. Nggak mau dong gue.
Akhirnya gue jawab aja "diajak sama om"
Dan budhe gue pun nimpalin "Iya, pada pergi soalnya dia ulang tahun yang ke 17" Gue nggak tau deh bapak itu denger apa enggak. Gue nggak peduli. Gue langsung cepet cepet salaman sama mas - mas itu dan langsung pergi gitu aja. Di ruang tamu itu ada ayah sama mama gue. Gue kira dia itu salah satu sanak saudara dari nenek gue. Makanya gue biasa aja. tapi pas sampe mall, mama sama ayah gue masih di rumah buat nemenin tu tamu. Gue nggak tau kenapa kok kayaknya itu tamu kenal akrab banget sama ayah dan mama gue. Gue ditinggal seminggu di Solo. Gue ngalamin banyak hal. Dari wisata kuliner, dan lain lain. Sampe gue diajak juga ngunjungin neneknya kakak sepepu gue. Dapet salam tempel juga loh hehehe (lumayaann) Secara nggak sengaja waktu gue lagi ngobrol asyik sama kakak sepupu gue, budhe gue tiba - tiba nimpalin
"lho kamu kan punya kakak. Yang kemaren itu pas kamu mau pergi ke grand mall buat ngrayain ulang tahun".
Gue inget inget.
Gue gagal.
Gue nggak hafal sama mas - mas itu. gue ingetnya mah dia make kacamata doang. udah gitu aja. gue nyesel banget waktu itu gue cuek banget. Gue nggak lihatin (bener - bener ngeliatin wajah mas - mas itu) arggghh siaal! Belum tentu juga kan beberapa tahun kedepan bakalan ketemu? Gue nggak mau aja nasib gue kayak Tara di Autumn in Paris-nya Ilana Tan. Gue nggak mau banget!! Beneran deh. Waktu udah nemuin cinta sejati. Ternyata cowoknya itu kakak tirinya. Gue berharap itu nggak terjadi sama gue suatu saat nanti. Semoga

2 komentar:

  1. duh, KARTIKAAAA~ cuma bisa cengo baca entry ini, ya ampun, nggak nyangka yah. Ternyata, oh ternyata. Ini mirip sinetron /apa. Semoga bisa ketemu lagi sama kakaknya ya~ dan nggak tahu kenapa, tapi gue ngakak baca paragraf terakhir... /ngilang/

    BalasHapus
  2. Haha iya je amiinn.. haha paragraph terakhir emng gk nyambung bgt sama sblmnya. Hahahaha

    BalasHapus