Laman

Kamis, 21 Februari 2013

C I N T A

Aku tahu, hal yang palin indah bagi para setiap remaja baik cowok maupun cewek adalah cinta. Apa itu cinta? Cinta adalah suatu bentuk rasa sayang dan perhatian terhadap seseorang. Cinta itu bermacam – macam. Berikut ini adalah macam – macam jenis cinta yang sudah aku klasifikasikan. Check this out : 

1. Cinta terhadap Tuhan 
Cinta terhadap Tuhan bagi setiap umat beragama adalah hal yang WAJIB dan nggak bisa diulur – ulur dan ditarik. Karena Tuhan merupakan pencipta seluruh jagad raya beserta isinya. Jadi, sebagai umat beragama yang taat, jenis cinta yang satu ini adalah hal yang emang harus dilakuin. Karena kalau nggak dilakuin, bakalan berkaitan dengan keimanan kita dan masa depan kita di akhirat kelak nanti. 
Jadi, cinta terhadap Tuhan adalah suatu hal yang Mutlak dan nggak bisa dibeli pake harga berapapun. Karena erkaitan erat dengan keimanan kita. Dan terkadang, ada juga beberapa orang yang tidak memiliki cinta terhadap Tuhan, atau bisa disebut dengan orang yang tidak mempunyai agama. 
Ya, mungkin pandangan orang terhadap Tuhan dan kehidupan itu berbeda – beda. Karena mungkin juga prinsip mereka berbeda. Tapi paling enggak, cinta terhadap Tuhan bisa membuat hati kita menjadi adem dan merasa tentang. Karena ini berhubungan dengan SQ (Spritual Quotient). Yaitu, sederetan jenis IQ yang harus dimiliki agar kemampuan otak menjadi seimbang. 

 2. Cinta terhadap Diri Sendiri 
Ini adalah jenis cinta yang kedua. Yaitu cinta terhadap diri sendiri. Ini juga penting untuk kita miliki. Karena kalau kita nggak punya jenis cinta yang satu ini, udah jelas kalau hidup kita bakalan sia – sia. Karena kita nggak punya tujuan buat ngebahagiaiin diri kita sendiri dan juga buat orang lain. Apa sih gunanya hidup kalo buat ngebahagiaiin diri sendiri aja nggak bisa? So, jangan sia – sia kan hidup kita. Karena diri kita itu butuh alasan agar tetep hidup dan berjuang di dunia ini. Apalagi saat ini, persaingan antar individu sangat ketat. Siapa yang nggak kuat, bisa down dan terdepak dari dunia. Buktinya? Yaitu banyak orang yang putus asa dan memilih jalan salah dengan membunuh diri mereka sendiri. yaitu dengan bunuh diri. Padahal, dalam agama, bunuh diri adalah hal yang dilarang. Karena bukannya mengurangi beban bagi kita, tapi malah justru bikin beban bagi kita sendiri. yaitu dengan masuk Neraka (balasan di Hari Akhir kelak). 

 3.Cinta terhadap Orang Tua 
Nah.. ini dia yang teteup dan harus dimiliki oleh semua anak di dunia kalo mau masuk surga! Yaitu cinta terhadap Orang Tua. Yap! Cinta terhadap orang tua selain bisa membuat kita masuk surga juga bisa membuat kita makin berbakti dengan orng tua di dunia. 
Mungkin ada yang sering denger dengan pepatah… “Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang jalan” atau “Surga ada di telapak kaki Ibu”. Nah.. peribahasa itu bener adanya. Kasih seorang ibu itu nggak ada duanya. Dan selalu mengiringi kita kapanpun dan dimanapun kita berada. Bahkan sampai akhir hayat seorang ibu. Jadi, jangan sekali kali berani dengan Orang Tua. Apalagi dengan seorang Ibu. Karena perkataan ibu, bisa menjadi kenyataan jika beliau sedang merasa benar – benar sakit hati atas perbuatan dan perkataan kita. 
Eits, nggak cuman buat Ibu doang. Ayah juga harus di sayangi karena beliau lah, kita bisa menjadi sekarang. Merasa kuat dan siap buat naklukin dunia. Jadi, karena beliaulah semangat kita terkobarkan buat hadapin dunia. Meskipun ada beberapa Ibu dan Ayah (Orang Tua) di dunia ini yang tega membunuh anaknya, setidaknya kita tetep berbakti dengan Orang Tua kita masing – masing. Seperti ceritanya Nabi Ibrahim yang rela membunuh anaknya, Nabi Ismail demi ketaatannya terhadap Allah SWT. 

4.Cinta terhadap Orang Lain 
Jeng jeengg ini dia cinta terhadap orang lain. Dan aku yakin, pasti semua orang udah pernah ngrasain. 
Cinta ini banyak juga ternyata jenisnya. Cinta terhadap para sahabat – sahabat kita, terhadap pasangan kita dan terhadap guru kita. 
Ya! Semua itu paling nggak udah pernah kita rasain. Karena tanpa cinta, udah dipastikan hidup kita bakalan kurang bumbu. Meskipun pernah ngrasain diputusin, ditembak, dikhianati, di cintai, di sayangi, dan dikasihi, itu semua adalah bumbu kehidupan yang kita rasain. Seperti waktu kita ngrasain produk salah satu permen. Yang tagline – nya “Manis asem asin, rame rasanya!” 
Tapi soal cinta pada guru, kita yang pernah ngrasain jenjang formal, dalam hal pendidikan pasti juga nggak mau dianggap sebagai “Kacang yang lupa kulitnya” iyakan? Nah.. untuk itu sebagai murid, kita harus menghormati guru – guru kita yang ada di sekolah. Meskipun guru tersebut masuk ke dalam spesies guru killer dan nyebelin abis, tapi percaya deh, sewaktu – waktu kalo kamu udah nggak nginjekin kaki di jenjang formal / almamater, kamu bakalan kangen abis. Dan nggak ada abis abisnya. Karena spesies guru ini adalah spesies guru yang nyebelin dan juga ngangenin. Ya kan? ;P 

 5.Cinta terhadap Alam 
Cinta terhadap alam. Hmmm ini dia yang sering kali dari sebagian hal yang banyak diabaikan oleh semua orang. 
Tidak Peduli dengan Alam. Kecintaan dengan alam ini juga berkaitan erat dengan kebersihan. Seperti misalnya kita membuang sampah tidak pada tempatnya. Naaahhh itu udah jelas pelanggaran Alam. Kalau ada polisi Alam, udah pasti kena tilang. 
Dan soal tilang, di beberapa Negara maju, sudah menerapkan denda bagi semua warganya yang membuang smapah sembarangan. Dan itu…. BERHASIL! Semua warga negaranya tidak membuang sampah sembarangan. Karena denda yang harus mereka bayarkan nggak sedikit. Mungkin mereka berpikir bahwa, daripada uang terbuang sia – sia buat bayar denda kebersihan, lebih baik digunakan untuk hal lain yang lebih penting. 
Tapi sayang sekali di Indonesia, sebagai Negara berkembang kurang sadar akan pentingnya kebersihan. Masih banyak warganya yang membuang sampah sembarangan di jalan dan juga terlebih di sungai. Lihat tuh, sungai di Jakarta contohnya. Sebagai icon Indonesia, sungai sungai di Jakarta sudah tercemar. Baik tercemar limbah maupun tercemar sampah. Padahal, Jakarta merupakan Ibukota Indonesia. Dan pernah ada yang bilang “Cerminan sebuah Negara berasal dari Ibukota Negaranya” dan pastinya, kalau hal ini diperdalam lagi, bakalan membuat malu kita sendiri yang kurang menjaga lingkungan. 
Selain soal sampah, alam juga berkaitan erat dengna ekosistem. Seperti ekosistem air, darat dan udara. Bicara soal ekosistem darat, hal ini bakalan berkaitan erat dengan hutan. Ya! Hutan adalah hal yang yang paling important dalam ekosisitem darat di dunia. Karena hutan merupakan paru – paru dunia. Tanpa hutan, mungkin Bumi bakalan sakit asma dan sesak nafas. Karena beberapa persen oksigen di Bumi dihasilkan oleh tumbuhan yang ada di hutan. Dan semakin banyak hutan yang ada di Bumi, maka kondisi paru – paru Bumi bakalan lebih baik. Dan Bumi juga nggak bakalan sering batuk – batuk lagi karena paru – parunya terbabat habis oleh manusia. So, mari kita jaga Kelestarian Alam di Bumi yang makin tua ini :D. 

Itu tadi adalah berbagai macam klasifikasi cinta yang aku buat. Intinya, semua jenis cinta itu wajib kita miliki sebagai seorang manusia. Karena jenis – jenis cinta itulah yang akan menuntun kita di dunia ini. Dan bakalan menyejahterakan hidup kita di akhirat kelak. Semoga uraian jenis cinta diatas membuat kita berpikiran bahwa makna Cinta itu nggak cuman sebatas pada pasangan doang. tapi juga berlaku untuk semua hal. Karena ruang lingkap Cinta itu luas. Seluas jagad raya ini :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar