Laman

Senin, 08 April 2013

Free


Tanggal 15 maret kemarin, gue sama temen – temen se angkatan punya tugas. Tugasnya yaitu “Liburan”. Gue rasa, itu adalah tugas yang paling mudah, simple dan nggak pake mikir buat gue dan temen temen gue. Karena, inilah awal dari kebebasan muncul dari dalam diri gue dan temen temen gue. Ngilangin sejenak pikiran yang penuh dengan kata “ulangan” dan “patah hati”. Yeaahh!!!
Yak! Patah hati, beberapa bulan yang lalu gue emang patah hati bro. atau lebih tepatnya itu awal Maret kemaren. Oke, semuanya emang salah gue sendiri sih. Intinya, gue udah buat seseorang nungguin gue selama berbulan – bulan. Dan bodohnya juga, gue juga nungguin dia selama berbulan – bulan juga. Alhasil, kita saling tunggu menunggu gak jelas. Dan bulan Desember kemaren, kejelasan (yang sebenernya kurang jelas) itu dibahas. Gue salah tangkap dibalik maksud itu orang. Gue kira, dia masih mau nungguin gue kalo udah lulus SMA entar. Nggak taunya 3 bulan kemudian bro, dia udah jadian sama orang lain. Oke, itu emang salah gue. Gue terlalu berharap banget sama itu orang. Percaya kalo dia masih mau nungguin gue. Alhasil, yang gue tunggu selama ini malahan udah barengan sama orang lain. Awalnya sih ya.. hm.. sakit (oke, sebenernya setelah tahu kabar itu, gue sempet nangis. Tapi habis itu lupa nangisin apaan). Esoknya, hm.. udah lupa dan berpikir bahwa di masa depan gue masih panjang.
Daaannn inilah gue yang baru!!
MOVE ON MOVE ON MOVE ON MOVE ON
KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON KEEP MOVING ON (Udahan deh nulisnya, capek – sebenernya gue copas hehehe *plaakk*)
Enggak tahu kenapa, gue cepet banget buat nglupain masalah itu. Seminggu kemudian, gue bener – bener udah bisa ngendaliin diri gue sendiri. Berubah jadi lebih ceria, gila, aneh daann makin nggak jelas. Dan puncak ketidakjelasan gue, waktu ada di Bali. Yeaahh! Gue bener – bener ngrasa jadi Kartika yang baru. Homo Sapiens yang baru aja dilahirin dalam keadaan bahagia banget. Entah kenapa, ke moving on an gue kali ini bener bener cepet. Nggak kayak waktu bulan Juli yang lalu. Gue move on (masih dg org yg sama) susaaahh buangett. Tapi ini cepet banget. Mungkin karena akhir akhir ini, (kata salah satu sahabat) ‘lo itu kalo lagi punya masalah, bawaannya pengen ngilangin tu masalah secepat mungkin dari otak’. Iya sih, itu orang bener banget ngatain gue kayak gitu. Lagipula, apa sih gunanya masalah yang terus bercokol di otak? Nggak keluar –keluar solusinya, dan malahan bikin stress sendiri.
Gue rasa, orang yang paling bahagia versi gue adalah:
1.      Orang yang bisa bersyukur atas apapun yang didapatkannya.
2.      Orang yang bisa ngilangin masalah dipikirannya
3.      Orang yang single
4.      Orang yang bebas
5.      Orang yang gak terikat oleh apapun (spt komitmen dan aturan yang mengekang kebebasan)
6.      Punya mindset buat bahagia
7.      Orang yang sukses
8.      Orang yang masih punya keluarga lengkap (bukan berarti yang nggak lengkap itu nggak bahagia. Tapi, maksud gue disini adalah ‘kebahagiaan itu waktu kita bisa kumpul bareng sama keluarga’)
9.      Punya cara buat bisa ngebahagiaan orang lain juga
10.  Selalu tersenyuuumm (diragukan apakah orang gila juga termasuk kategori ‘orang bahagia’)
Jadi, inti dari beberapa syarat yang masuk ke dalam ‘kategori orang yang bahagia’ adalah, bahagia itu simple. Kalo elo milih bahagia daripada sedih, elo bakalan jadi orang yang bahagia bro. bahagia menurut gue itu pilihan. Pilihan dari sebuah ke move on an (bagi gue), pilihan dari sekian juta pilihan yang paling nyaman bagi kita untuk dipilih.
Bahagia itu juga simple. Nggak usah pake bumbu segala macam dari luar negeri atau ngrasain e clair yang asli dari Perancis, atau liat konsernya Taylor Swift di Amerika Serikat, atau apapun itu yang butuhin uang banyak. Bahagia itu kayak elo liat bintang  - bintang jatuh di langit secara live di depan mata lo, liat anak – anak gelandangan di pinggir jalan yang meskipun kepanasan, tapi tetep tersenyum dan ceria. Bahagia selalu nemuin caranya sendiri buat selalu ada di dalam diri kita.
Dan bagi gue, bahagia itu kayak gini nih :
Waktu elo, bisa bareng sama temen – temen elo, lompat bareng – bareng, teriak bareng – bareng, nglepasin semua hal yang nyangkut di pikiran elo. Lepasin semuanya, sampai elo ngrasa ‘Plong’. Dan kemudian turun dari lompatan bareng – bareng. Itu adalah versi bahagia yang sedang gue jalanin  Daann ini dia hasilnya…
Ngerasa bebas buat nglakuin hal apa aja, sendiri, free, nggak terikat dan tanpa batas buat ngekspesiin semua hal. Nggak ada yang ngatur daaann bener – bener asyik. Karena elo bisa mandang semua hal tanpa batas sampai ke ujuunggggg Bahagia juga kayak gini juga nih..
Waktu elo cuman berduaan sama Tuhan. Atau waktu lagi ibadah sama Tuhan. Nah, disitu, kita bakalan ngrasain kebahagiaan tanpa batas dan mungkin bener – bener abadi. Karena kita bisa dapet kebahagiaan akhirat dan dunia. Seru banget kan bahagia itu?

2 komentar:

  1. SEMANGAT KARTIKA~!! hidup masih bakal terus berlanjut apapun yang terjadi, kan? By the way, gue suka foto terakhir ^^ mupon hehe

    BalasHapus
  2. iya jeee. makasih. hehe. aku malah suka sama foto "jari telunjuk" itu hehehe

    BalasHapus